SISTEM KREDIT SEMESTER

1.      Sistem Kredit Semester (SKS) adalah sistem penyelenggaraan pendidikan yang menyatakan beban studi dan pengembangan mahasiswa.

2.      Penerapan Sistem Kredit Semester (SKS) bertujuan:

a.       Memberikan kesempatan kepada mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan agar dapat menyelesaikan studinya tepat waktu dan tidak melampaui batas waktu belajar yang ditentukan.

b.      Memberikan kesempatan kepada mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan untuk melatih diri dalam batas-batas tertentu dalam memilih kegiatan pendidikan sesuai bobot dan minatnya.

c.       Memberikan kesempatan kepada mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan untuk melatih diri dalam mengorganisasi kegiatan-kegiatan se-efisien dan se-efektif mungkin.

d.      Memudahkan penyelesaian kurikulum sesuai perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta kebutuhan masyarakat.

e.       Meningkatkan jumlah kualitas lulusan.

f.       Memungkinkan dan memudahkan pengalihan kredit program studi dalam lingkungan Institut dengan Perguruan Tinggi Islam lainnya.

3.      Kurikulum Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan didesain dengan menggunakan Sistem Kredit Semester (SKS) yang dijabarkan dalam bentuk satuan kredit semester (sks).

4.      Jumlah satuan kredit semester (sks) Program Sarjana Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan didesain antara 144-156 sks.

5.      Jumlah sks sebagaimana dimaksud pada ayat (2) di atas, dapat ditempuh oleh mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dalam waktu 7 semester (3,5 tahun) dan paling lama 10 semester (5 Tahun).

6.      Besarnya beban studi dan pengembangan mahasiswa, beban kerja dosen, sistem informasi pengembangan karir dosen, sasaran kerja pegawai, dan sistem penghitungan angka kredit untuk kenaikan jabatan akademik dosen untuk satu semester dinyatakan dalam satuan kredit semester (sks).

7.      Harga satuan kredit semester (sks) mata kuliah perminggu ditentukan berdasarkan kegiatan sebagai berikut:

 

No.

KEGIATAN MATA KULIAH

TATAP MUKA

TUGAS TERSTRUKTUR

TUGAS MANDIRI

NILAI (sks)

1

Kuliah

1 x 50 Menit

50 Menit

50 Menit

1

2

Seminar

1 x 50 Menit

50 Menit

50 Menit

1

3

Praktikum

2 x 50 Menit

100 Menit

100 Menit

1

4

PPL

4 x 50 Menit

100 Menit

100 Menit

1

Keterangan :

 

Hitungan 1 sks sudah termasuk akumulasi tatap muka, tugas terstruktur dan tugas mandiri, begitu pula untuk kegiatan mata kuliah seminar, praktikum, dan PPL.