PROFIL DAN KOMPETENSI LUARAN
PROGRAM STUDI TASRIS BIOLOGI IAIN KENDARI
No. | Nama Prodi | Tadris Pendidikan Biologi |
| Fakultas | Tarbiyah dan Ilmu Keguruan |
| Profesi Utama | Guru Biologi |
| Profesi Alternatif A | Peneliti dalam Bidang Biologi |
| Profesi Alternatif B | Tenaga teknis laboratorium/laboran |
| Kompetensi Profesi Utama | 1. Mampu menerapkan aspek pedagogic; 2. Mampu menerapkan aspek professional; 3. Mampu menerapkan aspek kepribadian; 4. Mampu menerapkan aspek social. |
| Kompetensi Profesi Alternatif A | 1. Mampu mendesain penelitian secara professional; 2. Mampu melakukan penelitian secara professional; 3. Mampu mengolah dan menyusun hasil penelitian; 4. Mampu mempublikasikan hasil penelitian. |
| Kompetensi Profesi Alternatif B | 1. Mampu menerapkan prosedur kerja secara professional; 2. Mampu menerapkan langkah-langkah kerja secara aman; 3. Mampu mengelola dan merawat alat dan bahan di laboratorium. |
| Indikator Kompetensi Profesi Utama | 1. Mampu melaksanakan pembelajaran biologi secara professional; 2. Mampu mendesain pembelajaran tadris pendidikan biologi di sekolah, madrasah, dan pesantren secara holistic; 3. Mampu mendesain materi tadris pendidikan biologi disekolah, madrasah dan pesantren; 4. Mampu mendesain metode/teknik tadris pendidikan biologi disekolah, madrasah dan pesantren; 5. Mampu mendesain evaluasi tadris pendidikan biologi disekolah, madrasah dan pesantren; 6. Mampu mendesain silabus dan kurikulum tadris pendidikan biologi disekolah, madrasah dan pesantren; 7. Mampu menguraikan berbagai konsep biologi, ilmu kependidikan dan ketarbiyahan; 8. Mampu menguraikan berbagi konsep dasar dan terapan dalam ilmu-ilmu biologi; 9. Bertindak obyektif dan ilmiah serta tidak diskriminatif dalam pembelajaran dengan menggunakan standar, kriteria, dan skema penilaian; 10. Bertindak ramah, sopan dan santun sebagai guru biologi dan sebagai anggota masyarakat. |
| Indikator Kompetensi Profesi Alternatif A | 1. Mampu mendesain proposal penelitian di bidang biologi secara profesional; 2. Mampu melaksanakan pelaksanaan penelitian di bidang biologi secara profesional; 3. Merumuskan bahan penelitian, pengembangan dan inovasi di bidang tadris pendidikan biologi; 4. Mampu melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan analisis data hasil penelitian dan dapat melakukan inovasi pendidikan yang dilaksanakan oleh lembaga lain; 5. Mendokumentasikan penelitian di bidang tadris pendidikan biologi; 6. Menyusun laporan penelitian biologi; 7. Melaksanakan pengembangan system informasi penelitian di bidang tadris pendidikan biologi; 8. Melaksanakan penyebarluasan informasi hasil penelitian dan inovasi di bidang tadris pendidikan biologi; 9. Mampu menerapkan metode ilmiah secara baik; 10. Menyusun program kerja bidang tadris pendidikan biologi. |
| Indikator Kompetensi Profesi Alternatif B | 1. Mampu mendesain kegiatan laboratorium biologi di sekolah, madrasah dan pesantren; 2. Mampu mendesain materi kegiatan laboratorium biologi disekolah, madrasah dan pesantren; 3. Mampu mendesain kompetensi kegiatan laboratorium biologi disekolah, madrasah dan pesantren; 4. Mampu mendesain evaluasi kegiatan laboratorium biologi disekolah, madrasah dan pesantren; 5. Mampu mendesain silabus kegiatan laboratorium biologi disekolah, madrasah dan pesantren; 6. Mampu melaksanakan kegiatan laboratorium biologi secara profesional; 7. Mengkoordinasi penelitian dan inovasi di laboratorium biologi; 8. Memelihara alat dan bahan di laboratorium biologi; 9. Menfasilitasi peningkatan kapasitas penelitian dan pengembangan di laboratorium biologi; 10. Menerapkan langkah-langkah keselamatan kerja dalam laboratorium. |
| Gelar Akademik | Sarjana Pendidkan (S.Pd.) |