PROFIL DAN KOMPETENSI LUARAN

PROGRAM STUDI TASRIS BIOLOGI IAIN KENDARI

 

No.

Nama Prodi

Tadris Pendidikan Biologi

 

Fakultas

Tarbiyah dan Ilmu Keguruan

 

Profesi Utama

Guru Biologi

 

Profesi Alternatif A

Peneliti dalam Bidang Biologi

 

Profesi Alternatif B

Tenaga teknis laboratorium/laboran

 

Kompetensi Profesi Utama

1.      Mampu menerapkan aspek pedagogic;

2.      Mampu menerapkan aspek professional;

3.      Mampu menerapkan aspek kepribadian;

4.      Mampu menerapkan aspek social.

 

Kompetensi Profesi Alternatif A

1.      Mampu mendesain penelitian secara professional;

2.      Mampu melakukan penelitian secara professional;

3.      Mampu mengolah dan menyusun hasil penelitian;

4.      Mampu mempublikasikan hasil penelitian.

 

Kompetensi Profesi Alternatif B

1.      Mampu menerapkan prosedur kerja secara professional;

2.      Mampu menerapkan langkah-langkah kerja secara aman;

3.      Mampu mengelola dan merawat alat dan bahan di laboratorium.

 

Indikator Kompetensi Profesi Utama

1.      Mampu melaksanakan pembelajaran biologi secara professional;

2.      Mampu mendesain pembelajaran tadris pendidikan biologi di sekolah, madrasah, dan pesantren secara holistic;

3.      Mampu mendesain materi tadris pendidikan biologi disekolah, madrasah dan pesantren;

4.      Mampu mendesain metode/teknik tadris pendidikan biologi disekolah, madrasah dan pesantren;

5.      Mampu mendesain evaluasi tadris pendidikan biologi disekolah, madrasah dan pesantren;

6.      Mampu mendesain silabus dan kurikulum tadris pendidikan biologi disekolah, madrasah dan pesantren;

7.      Mampu menguraikan berbagai konsep biologi, ilmu kependidikan dan ketarbiyahan;

8.      Mampu menguraikan berbagi konsep dasar dan terapan dalam ilmu-ilmu biologi;

9.      Bertindak obyektif dan ilmiah serta tidak diskriminatif dalam pembelajaran dengan menggunakan standar, kriteria, dan skema penilaian;

10.  Bertindak ramah, sopan dan santun sebagai guru biologi dan sebagai anggota masyarakat.

 

Indikator Kompetensi Profesi Alternatif A

1.      Mampu mendesain proposal penelitian di bidang biologi secara profesional;

2.      Mampu melaksanakan pelaksanaan penelitian di bidang biologi secara profesional;

3.      Merumuskan bahan penelitian, pengembangan dan inovasi di bidang tadris pendidikan biologi;

4.      Mampu melaksanakan pengumpulan, pengolahan dan analisis data hasil penelitian dan dapat melakukan inovasi pendidikan yang dilaksanakan oleh lembaga lain;

5.      Mendokumentasikan penelitian di bidang tadris pendidikan biologi;

6.      Menyusun laporan penelitian biologi;

7.      Melaksanakan pengembangan system informasi penelitian di bidang tadris pendidikan biologi;

8.      Melaksanakan penyebarluasan informasi hasil penelitian dan inovasi di bidang tadris pendidikan biologi;

9.      Mampu menerapkan metode ilmiah secara baik;

10.  Menyusun program kerja bidang tadris pendidikan biologi.

 

Indikator Kompetensi Profesi Alternatif B

1.      Mampu mendesain kegiatan laboratorium biologi di sekolah, madrasah dan pesantren;

2.      Mampu mendesain materi kegiatan laboratorium biologi disekolah, madrasah dan pesantren;

3.      Mampu mendesain kompetensi kegiatan laboratorium biologi disekolah, madrasah dan pesantren;

4.      Mampu mendesain evaluasi kegiatan laboratorium biologi disekolah, madrasah dan pesantren;

5.      Mampu mendesain silabus kegiatan laboratorium biologi disekolah, madrasah dan pesantren;

6.      Mampu melaksanakan kegiatan laboratorium biologi secara profesional;

7.      Mengkoordinasi penelitian dan inovasi di laboratorium biologi;

8.      Memelihara alat dan bahan di laboratorium biologi;

9.      Menfasilitasi peningkatan kapasitas penelitian dan pengembangan di laboratorium biologi;

10.  Menerapkan langkah-langkah keselamatan kerja dalam laboratorium.

 

Gelar Akademik

Sarjana Pendidkan (S.Pd.)

 

 

Copyrigth FTIK IAIN Kendari@2022