Tepat pada tanggal 1 Muharram di Masjid Baitul Hikmah IAIN Kendari, Pengurus Rumah Qur’an Mahasiswa (RQM) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kendari dilantik oleh Dekan FTIK IAIN Kendari. RQM merupakan wadah mahasiwa untuk mengembangkan kemampuan mahasiswa di bidang baca tulis al-qur’an.

Pak Abbas selaku Wakil Dekan III FTIK IAIN Kendari menuturkan bahwa pembentukan RQM dilatarbelakangi oleh banyaknya input mahasiswa yang diterima sebagai mahasiswa bru namun belum memiliki kemampuan dasar yang baik dalam membaca al-qur’an. Hal ini disebabkan karena input awal tersebut adalah hasil dari seleksi secara tertulis sehingga tidak dapat terdeteksi kemampuan baca alqur’an. Maka wadah ini pun diinisiasi oleh pimpinan FTIK dan segenap mahasiswa FTIK.

Lebih lanjut, Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag selaku Dekan FTIK memaparkan bahwa Kegiatan ini dilaksanakan dengan memanfaatkan momentum tahun baru hijriyah agar semangat perubahan yg terkandung di dalam nilai hijrah itu menjadi sebuah religious motivation yang bisa mengantarkan terciptanya generasi milenial yg berkualitas, berkepribadan islami, memilki komitmen yg kuat dalam menjalnkan amanah yang ditugaskan. FTIK sejatinya telah 4 (empat) tahun melakukan pemetaan (placement test) kemampuan Membaca al-qur’an mahasiswa baru FTIK tetapi belum ada tindak lanjut berupa pembinaan secara khusus, sehingga diperlukan adanya proses pembinaan secara berkelanjutan terhadap mahasiswa yang masih minim dalam membaca al-qur’an. Apalagi pada akhir masa studi mahasiswa, FTIK melakukan tes untuk memastikan kemampuan mahasiswa sebagai calon tenaga pendidikan dan kependidikan memiliki kemampuan dalam membaca al-qur’an sesuai dengan standar yang telah ditemtukan oleh Tim Penguji BTQ FTIK. Tetapi di sisi lain, belum ada proses pembinaan secara yang dilakukan kepada mahasiswa sehingga terkesan kurang fair.

Oleh karena itu, melalui RQM ini, diharapkan dapat menghimpun semua mahasiswa yg sudah memilki kompetensi di atas rata-rata sehingga dapat menularkan semngat positif kepada seluruh mahasiswa yang ingin belajar membaca al-qur’an. Selain itu, pimpinan berharap RQM ini bukan hanya mewadahi mahasiswa yang mau belajar membaca al-quran tetapi diharapkan dapat memfasilitasi mahasiswa yg mau mengembangkan kompetensi tartil, tilawah dan tahfiz, serta juga kemampuan menulis ayat alquran dengan tulisan yang benar, tepat dan indah. Paparnya.

Kamaruddin yang akrab disapa aconk selaku ketua RQM menuturkan bahwa optimalisasi RQM selaku wadah bagi mahasiswa untuk belajar dan mengembangkan kemampuan di bidang baca tulis al-qur’an dapat terwujud jika didukung oleh segala pihak.

Kami selaku mahasiswa merasa senang dan bertemia kasih telah diamanahkan tanggung jawab besar ini. Oleh karena itu, kami memohon dukungan  kepada semua unsur di lembaga IAIN Kendari agar dapat bersama-sama memberikan dukungan penuh  kepada kami sehingga dapat mempertahankan eksistensi sehingga dapat menjadi salah datu  wadah yg dapat mendukung tercapainya visi dan misi IAIN secara institusi dan secara khusus FTIK. Imbuhnya. (SMS).


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyrigth FTIK IAIN Kendari@2022