Menutup kegiatan Program Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) lingkup Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kendari, pimpiinan FTIK menggelar kegiatan pagelaran seni. Kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis tanggal 30 Agustus tahun 2018 di auditorium IAIN Kendari ini bertujuan untuk memetakan dan mengembangkan kemampuan mahasiswa baru IAIN Kendari di bidang seni yang berjumlah 726 orang. Di dalam kegiatan ini, mahasiswa baru mewakili prodinya masing-masing menampilkan kemampuannya di bidang seni, mulai dari paduan suara, qasidah rebana, modern dance, dll.

Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag selaku Dekan FTIK menyambut baik dan sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurut Beliau, seyogyanya perguruan tinggi memang bukan hanya jadi pusat pengembangan akademik mahasiswa tetapi juga menjadi pusat pengembangan nonakademik. Salah satunya, pengembangan bakat dan minat mahasiswa di bidang seni.

Kemampuan minat dan bakat seni mahasiswa akan terus kita kembangkan sebagai salah satu indikator penting dalam mengukur kualitas tata kelola suatu lembaga pendidikan. Oleh karenanya, melalui kegiatan ini, bakat dan minat mahasiswa baru sudah dapat dideteksi dan selanjutnya akan terus dibina agar nantinya dapat mewakili institusi dalam mengukir prestasi di berbagai kompetisi baik di tingkat regional, nasional, bahkan internasional. Imbuhnya.

Abbas, S.Ag. MA selaku Wakil Dekan Bidang Mahasiswa FTIK IAIN Kendari sekaligus inisiator kegiatan ini menuturkan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk pemetaan awal bakat dan minat mahasiswa baru FTIK di bidang seni. Penampilan para mahasiswa dari kesepuluh program studi yang ada di FTIK berhasil memukau ribuan mahasiswa dan dosen yang menyaksikan langsung pertunjukan mereka. Hal ini tentu saja memberikan gambaran kepada kami selaku pimpinan FTIK untuk mendesain program pengembangan dan pembinaan bakat yang dimiliki mahasiswa.

Ke depan akan kita selenggarakan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) lingkup FTIK. Hal tersebut akan segera kami komunikasikan dengan pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) FTIK untuk mempersiapkan kegiatan tersebut. Apalagi sehari sebelumnya para Ketua Prodi juga telah melakukan pemetaan minat dan bakat yang dimiliki mahasiswa baru. Dari hasil penelusuran tersebut ditemukan beberpa bakat dan minat yang dimiliki oleh mahasiswa baru FTIK. Baik dari bidang seni berupa qasidah, tilawah, dan paduan suara maupun di bidang olahraga seperti futsal/sepak bola, volley, takraw dan lain sebagainya. Hal ini tentu harus disediakan wadah dan berbagai program pengembangan yang sifatnya berkelanjutan. Paparnya. (SMS)

Was this article helpful?

Thanks! Your Will feedback helps us improve our website


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *