Selasa tanggal 14 Agustus 2018, Dr. Hj. St. Kuaredah, M.Ag selaku dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) IAIN Kendari mensosialisasikan Visi FATIK, yakni  “Menjadi Fakultas yang Menghasilkan Tenaga Pendidik dan Kependidikan Yang Berkualitas, Berkepribadian Islami, dan Berwawasan Transdisipliner Tahun 2025” kepada 726 mahasiswa baru FATIK yang merupakan peserta Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) tahun 2018. Kegiatan yang berlangsung di auditorium IAIN Kendari ini, Dekan FATIK banyak menguraikan visi yang terkait tentang wawasan transdisipliner sebagai orientasi pengembangan kurikulum FATIK IAIN Kendari.

St. Kuraedah memaparkan bahwa:

Konsep transdisipliner merupakan pengembangan ilmu pengetahuan dengan mengintegrasikan beberapa disiplin ilmu menjadi disiplin ilmu baru (sintesis). Misalnya, dalam mazhab syafi’i kasus air kencing bayi laki-laki yang belum mengkonsumsi makanan selain ASI, maka cukup disucikan dengan memercikkan air, sedangkan air kencing bayi perempuan harus dicuci. Kasus ini kemudian dapat dibedah melalui pendekatan ilmu fiqh, tafsir, hadist, biologi, kimia, kesehatan, dan berbagai displin ilmu lainnya untuk mendapatkan epistemologi yang komprehensif bukan sekedar mengetahui hukumnya saja”,

Selain itu, dalam kesempatan ini pula, Dekan FATIK membahas tentang pentingnya mahasiswa FATIK selaku calon tenaga pendidik untuk senantiasa menjaga akhlak karena seorang guru merupakan teladan bagi para muridnya sehingga good performance dan good manner adalah aspek yang tidak kalah pentingnya dibandingkan dengan keluasan pengetahuan yang harus dimiliki. Selanjutnya, kegiatan ini ditutup dengan memperkenalkan profil 10 (sepuluh) program studi yang ada di FATIK beserta para jajaran Dosen dan tenaga kependidikan di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. (SMS).

Was this article helpful?

Thanks! Your Will feedback helps us improve our website


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *