Hari Rabu tanggal 11 April 2018, Dosen pengampuh mata kuliah Bahasa Arab, dan pembimbing skripsi mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari melakukan pertemuan dalam suatu Forum Group Discussion (FGD) di ruang Dekan FATIK. FGD ini dilakukan dalam rangka penyamaan persepsi, penyelarasan, dan standarisasi teknis penulisan skripsi mahasiswa prodi PBA.

Dari FGD ini disepakati beberapa hal. Pertama, 1) secara subtansi penulisan skripsi tetap mengacu pada pedoman umum penulisan skripsi institusi dan fakultas. Kedua, perlunya dibuat format spesifik bahasa arab mulai dari cover, lembar pengesahan, kata pengantar, dan  hal lain yang dianggap ooentng untuk dibakukan. Ketiga, jenis dan font huruf yang digunakan adalah árabic typesetting font 20 dan untuk catatan kaki 16 serta spasi exactly 24). Keempat, prosentase referensi primer yang berbahasa Arab sesuai variable sebanyak 30% dari total referensi yang digunakan. Kelima, jumlah halaman skripsi berbahasa arab minimal 40 halaman, tidak termasuk kesimpulan dan daftar pustaka. Keenam, perlu dibuat draft awal untuk didiskusikan pada FGD selanjutnya.

Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari yang juga merupakan Dosen Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag menuturkan bahwa dari FGD patut diapresiasi dan diharapkan mampu berkontribusi secara positif terhadap perbaikan dan standarisasi mutu karya tulis ilmiah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab. Kehadiran sejumlah dosen pengampu mata kuliah bahasa Arab dan pembimbing skripsi mahasiswa pendidikaa Bahasa Arab ini  menunjukkan bahwa berbagai hal yang didiskusikan merupakan hal yang sangat urgen dan menjadi hambatan selama ini yang dihadapi bersama jika tidak ada ketentuan pedoman yang dibakukan.

Semoga hasil kesepakatan dari FGD ini mampu berkontribusi terhadap peningkatan akreditasi institusi. Tuturnya.(Sms).

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *