Kendari, Humas – Tim Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru IAIN Kendari yang dipimpin oleh Kabag TU Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK), Amari, S.Ag., M.Ap, melakukan sosialisasi di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Dalam Sosialisasi kali ini terasa spesial karena Kabag TU Fatik  didampingi langsung oleh tiga orang mahasiswa IAIN Kendari. Dua diantaranya adalah mahasiswa IAIN Kendari asal Wakatobi yaitu: Wa Ode Irdha Rahmadiangsari dan Muh. Rijal, dan satu orang lainnya adalah mahasiswa IAIN Kendari asal Thailand,Tasnim Saelaemae.

Sosialisasi yang dilakukan sejak tanggal 13 Februari s/d 20 Februari 2018 ini  disambut hangat, bahagia, dan antusias oleh para siswa, dewan guru dan Kepala Sekolah setempat. Dalam sosialisasi ini, TIM Sosialisasi mampu mengunjungi sebelas SMA/MA sederajat baik Negeri maupun Swasta yang terdapat di Kabupaten Wakatobi, antara lain: SMAN 1 Wangi-wangi, SMAN 2 Wangi-wangi, SMAN 3 Wangi-Wangi, SMAN 4 Wangi-wangi ,  SMAN 5 Wangi-wangi, SMAN 6 Wangi-wangi, MAN 1 Wakatobi, Madrasah Aliyah (MA) Wisata Kelautan Untu Melambi Wakatobi , SMAS 1 Muhammadiyah Wakatobi, SMKN 1 Wangi-wangi, dan SMKS Unggulan Wakatobi.

Meskipun Perjalanan sosialisasi ini sempat diwarnai dengan kejadian menegangkan ketika cuaca buruk yang disertai angin kencang, ombak, dan hujan keras yang menyelimuti laut Wakatobi dan berakibat pada patahnya kemudi Jonson yang ditumpangi Tim Sosialisasi di tengah laut menuju pulau Kapota (19/2/18), tidak menyurutkan semangat Tim dalam melakukan Sosialisasi.

Dalam Sosialisasi yang dilaksanakan selama kurang lebih tujuh hari tersebut, Kabag TU Fatik mengajak para siswa, untuk melanjutkan studi di IAIN Kendari. Lebih lanjut Kabag mengemukakan bahwa IAIN Kendari sebagai Perguruan Tinggi Islam Negeri satu-satunya di Provinsi Sulawesi Tenggara terus menunjukkan eksistensinya sebagai Perguruan Tinggi yang mulai diperhitungkan di Kawasan Asia. Hal ini dibuktikan dengan mahasiswanya yang tidak hanya berasal dari Indonesia tetapi juga dari Negara Asing, Thailand.

Ajakan Kabag TU Fatik direspon positif oleh siswa, kepala sekolah dan jajarannya. Kepala Sekolah SMKN 1 Wangi-Wangi, Rusaini, menyatakan bahwa orang Thailand saja dari jauh-jauh bisa melanjutkan studi di IAIN Kendari apalagi siswa dari WAKATOBI yang masih satu Provinsi dengan IAIN Kendari. Respon positif siswa tercermin dari banyaknya siswa kelas XII yang menyatakan diri secara langsung untuk melanjutkan studi di IAIN Kendari sebagaimana yang telah dilakukan oleh para seniornya.

 

Perlu diketahui, saat ini terdapat sepuluh Program Studi di lingkup Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan, antara lain:

  1. Pendidikan Agama Islam (PAI)
  2. Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
  3. Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
  4. Pendidikan Bahasa Inggris (PBI)
  5. Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
  6. Pendidikan Islam dan Anak Usia Dini (PIAUD)
  7. Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
  8. Tadris Biologi
  9. Tadris Fisika
  10. Tadris Matematika. (Titan)
Was this article helpful?

Thanks! Your Will feedback helps us improve our website


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *