Dalam rangka evaluasi dan refleksi akademik semester ganjil dan persiapan kegiatan akademik pada semester genap T.A. 2017/2018, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan mengadakan kegiatan “Bincang-Bincang Akademik”. Dalam kegiatan yang dihadiri oleh para Wakil Dekan, Ketua-ketua Prodi, Dosen Pengajar FATIK IAIN Kendari, Pejabat Struktural, serta JFU FATIK IAIN Kendari dengan Dekan FATIK Ibu Dr. Hj. St. Kuraedah, M.Ag. sebagai Narasumber dan Wakil Dekan I Ibu Dra. H. Marlina, M.Pd.I. sebagai Moderator.

Guna mencapai Visi & Misi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, kegiatan ini perlu untuk dilaksanakan guna mengevaluasi kegiatan-kegiatan akademik yang telah berlangsung pada semester lalu (ganjil 2017/2018). Dalam agenda evaluasi akademik, Dekan FATIK IAIN Kendari memaparkan rekapitulasi jumlah SKS yang dipegang oleh masing-masing Dosen yang mengajar di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, baik itu dosen PNS, dosen Non-PNS, Dosen CPNS, maupun dosen Luar Biasa. Selain itu, perkembangan Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) mahasiswa FATIK IAIN Kendari pun diperlihatkan, dimana di tahun ini mahasiswa Program Studi Tadris Matematika memperoleh persentase tertinggi dalam keterlibatannya mengikuti Tes BTQ yakni sebesar  93,02% . Hal ini kemudian, menjadi bahan evaluasi bersama untuk prodi masing-masing. Selanjutnya, hasil penilaian evaluasi dosen oleh mahasiswa (EDOM) yang dilakukan pada semester ganjil 2017/2018 ini, diketahui telah mengalami peningkatan dari peneliaian pada tahun akademik yang lalu, terutama pada Aspek Profesionalisme. Dimana pada tahun akademik yang lalu (2016/2017), kompetensi dosen pada aspek Kepribadian berada pada posisi tertinggi kemudian disusul oleh aspek sosial dosen. Pada tahun ini Kompetensi Dosen pada aspek Profesionalisme berada pada posisi teratas untuk penilaian sangat baik yakni sebesar 65,74%, disusul aspek Pedadogik sebesar 51,79%, aspek, Kepribadian sebesar 49%, dan aspek Sosial sebesar 40,48%  sisanya untuk penilaian Baik, serta tidak ada mahasiswa yang menilai Tidak baik dan Kurang Baik. Selain evaluasi kompetensi Dosen, Pelayanan Akademik di Tingkat Fakultas dan Program Studi pun telah dilakukan disemester ini. Hasil penilaian pelayanan Akademik oleh mahasiswa rata-rata menunjukkan hasil yang Baik untuk tingkat fakultas maupun di program studi.

Di akhir penyampain juga Dekan FATIK IAIN Kendari tak lupa menyampaikan beberapa saran perbaikan dan informasi tambahan untuk pelakasanaan kegiatan akademik di semester Genap T.A. 2017/2018. (Titan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *