Kendari, Humas IAIN Kendari  – Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FATIK) Institut Agama Islam Negeri  (IAIN) Kendari menggelar Kuliah Umum dengan tema “Membangun Kecintaan Terhadap Bahasa Arab Untuk Penguatan Kompetensi Sebagai Guru Agama”. Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Perpustakaan IAIN Kendari, Senin, 12 Juni  2017 ini,  menghadirkan Dekan Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Jakarta, Prof. Dr. H. Ahmad Thib Raya, MA.


Dalam pemaparannya, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta tersebut menjelaskan pentingnya mencintai Bahasa Arab melalui spirit keislaman dan menjadi identitas keunggulan mahasiswa pada Perguruan Tinggi Islam sehingga kecakapan Bahasa Arab bukan hanya menjadi kewajiban bagi mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Arab melainkan seluruh mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Apalagi jika melihat prospek dan kebutuhan sekolah dan madrasah terhadap guru bahasa Arab yang sangat tinggi.
Selain mengemukakankan keunggulan prodi Bahasa Arab, di hadapan sekitar 300 mahasiswa Prof Ahmad Thib berbagi trik belajar bahasa Arab, misalnya dengan tidak takut salah serta ragu untuk bercakap Bahasa Arab. Menurutnya, sebagai tahap belajar, kesalahan dalam percakapan Bahasa Arab merupakan hal yang lumrah, namun yang salah adalah ketika mahasiswa tarbiyah apalagi prodi bahasa Arab enggan menggunakan bahasa Arab dalam percakapan sehari-hari. “ Maka dari itu, perlu adanya budaya pembiasaan penggunaan Bahasa Arab di lingkungan Fakultas (bia’h arabiyah), bahkan jika perlu, dibangun sistem reward dan punishment terkait budaya penggunaan bahasa Arab” tambahnya.
Ia juga menekankan bahwa dalam menguasai kosakata (mufradat) Bahasa Arab agar menghindari teknik menghapal kosakata (mufradat) dengan menghapal perkata dari kamus karena hal tersebut kurang efektif. Maka teknik yang Beliau lakukan adalah dengan membaca, menerjemahkan, serta mengkaji bahan bacaan bahasa Arab tanpa harakat setiap hari satu paragraph /alinea.
Pada kesempatan akhir, Pakar Bahasa Arab ini juga memberikan motivasi untuk kesuksesan hidup dengan mengamalkan 7 hal penting yaitu Jangan Su’udzon, Jangan pernah iri dengan kesuksesan orang lain, jangan sombong dengan jabatan dan kesuksesan yang digapai, menghargai orang lain,) membantu orang lain saat dia tidak sanggup, memuliakan orang lain maka Allah akan memuliakan diri kita, dan yang terakhir berdoa.
Kuliah Umum ini diharapkan menjadi bagian dari pemebalajaran bagi mahasiswa khususnya prodi bahasa arab untuk terus memacu semangat meningkatkan kemampuan agar menjadi alumni yang unggul dan mampu bersaing di dunia globalisasi. (sms/liv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *