FTIK – Muhammad Audi Aqshal Afandi nama lengkapnya, merupakan alumni program studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari. Selama kuliah di FTIK IAIN Kendari, Audi dikenal sebagai mahasiswa yang ramah dan berprestasi, bahkan menjadi alumni terbaik FTIK IAIN Kendari pada wisuda November 2023 silam.

Setelah lulus, Audi mengambil program hafalan Al-Qur’an di Gowa Sulawesi Selatan. Ia mengatakan: “program yang saya ambil ini adalah program Karantina Tahfidz Nasional Darul Istiqomah di Gowa Sulawesi Selatan selama sebulan. Saya mengambil program tahfidz ini setelah menyelesaikan studi pada bulan november tahun 2023 yang lalu di prodi PBA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Kendari”.

Memang, “sejak sekolah di MAN Insan Cendekia Kendari saya sudah menghafal 9 juz dan pernah berpikir untuk menghafalkan Al-Quran 30 juz, tapi saya kembali mengurungkan niat karena mana mungkin orang seperti saya bisa menghafalkannya. Namun setelah menyelesaikan pendidikan di IAIN Kendari pada program studi Pendidikan Bahasa Arab, Alhamdulillah saya dapat menerapkan dalam menghafal Al-Quran dan berhasil khatam dalam waktu 19 hari 30 juz. Al-Quran menjadi mudah saya hafalkan. Salah satu faktornya adalah karena saya sudah mengetahui sebagian besar terjemahan ayat Al-Qur’an. Tepat pada tanggal 8 Januari yang lalu saya berhasil mengkhatamkan Al-Quran 30 juz. Alhamdulillah ala kulli hall ya rabb”, tutupnya.

Copyrigth FTIK IAIN Kendari@2022