Kendari, Humas – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari berhasil meraih akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Perpustakaan – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (LAP-PNRI). Keputusan ini tertuang dalam Sertifikat Akreditasi Nomor: 2159/1/PPM.02/V.2023 tanggal 29 Mei 2023 yang diterima oleh Kepala UPT Perpustakaan IAIN Kendari pada Senin (26/6/2023).

Kepala UPT Perpustakaan IAIN Kendari Tilman, M.Sos mengungkapkan rasa syukur atas capaian tersebut. Ia mengatakan bahwa hasil yang diperoleh saat ini berkat kerja keras dari seluruh tim perpustakaan serta support dari pihak pimpinan dan sivitas akademika IAIN Kendari.

 “Alhamdulillah perpustakaan IAIN Kendari mampu meraih hasil yang maksimal. Capaian ini menjadi bukti bahwa pengelolaan perpustakaan IAIN Kendari telah memenuhi standar nasional perpustakaan perguruan tinggi.  Terimakasih atas dukungan dari semua pihak atas dedikasi dan kontribusinya bagi perpustakaan IAIN Kendari,” ucapnya.

Rangkaian proses akreditasi perpustakaan IAIN Kendari telah dimulai sejak Maret 2023 lalu. Proses tersebut diawali dengan pendampingan, penyusunan dan pengiriman dokumen borang hingga asesmen lapangan  yang dilaksanakan pada 25 – 26 Mei 2023 lalu.  Asesor LAP-PNRI yang melakukan visitasi antara lain  Drs. Supriyanto, M.Si, Drs. Renus Siboro, M.Si dan Andi Pargo Simamora, S.Sos.

Tilman yang juga menjabat sebagai Ketua Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) provinsi Sulawesi Tenggara menambahkan bahwa saat ini perpustakaan IAIN Kendari menjadi satu-satunya perpustakaan pada perguruan tinggi di Sulawesi Tenggara yang terakreditasi A. Selain itu juga merupakan perpustakaan pertama pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri di Indonesia yang dinilai berdasarkan 9 komponen penilaian antara lain Koleksi Perpustakaan, Sarana dan Prasarana Perpustakaan, Pelayanan Perpustakaan, Tenaga Perpustakaan, Penyelenggaraan Perpustakaan, Pengelolaan Perpustakaan, Inovasi dan Kreativitas, Tingkat Kegemaran Membaca, serta Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat.

“Capaian ini menjadi cambuk bagi kami para pengelola UPT perpustakaan untuk terus memacu peningkatan mutu dan layanan, tidak hanya dari sisi kualitasnya tetapi juga kuantitasnya. Hal tersebut demi memenuhi kebutuhan pengguna dan menjadi mitra strategis dalam peningkatan kualitas pendidikan di IAIN Kendari,” jelasnya.

Rektor IAIN Kendari Dr. Husain Insawan, M.Ag memberi apresiasi kepada seluruh tim pengelola UPT Perpustakaan IAIN Kendari yang telah bekerja keras hingga mampu memberikan hasil yang terbaik.

“Akreditasi A yang diberikan oleh LAP-PNRI merupakan pengakuan atas kinerja unggul perpustakaan IAIN Kendari. Ini menjadi bukti bahwa dengan bekerja keras kita mampu memperoleh hasil yang maksimal,” ucapnya.

Ia menuturkan bahwa perolehan akreditasi A ini merupakan cerminan dari komitmen IAIN Kendari dalam memberikan sarana pendidikan yang berkualitas dalam mempersiapkan mahasiswa menjadi sumber daya manusia unggul.

“Untuk mempertahankan capaian ini, perpustakaan IAIN Kendari diharapkan dapat meningkatkan akses terhadap sumber informasi yang relevan dalam mendukung kegiatan tri dharma perguruan tinggi,” tutupnya.

Penulis : Novi Rahmilia
Editor : Lily Ulfia

Copyrigth FTIK IAIN Kendari@2022