KUI IAIN Kendari dan AIYEP Gelar Virtual International Internship Program 2020

Kendari, FTIK – Kantor Urusan Internasional (KUI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari menjalin kerjasama dengan Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP/Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Australia). Program yang dipelopori oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga RI bersama Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan internasional diantara kedua negara.

Bentuk kerjasama ini adalah dengan menyelenggarakan Virtual International Internship Program 2020 (Magang Internasional Virtual) yang berlangsung selama 3 minggu mulai 23 November hingga 11 Desember 2020 mendatang. Mengawali kegiatan tersebut, Senin (23/11) digelar Meet and Greet menyambut seorang mahasiswa magang dari Swinburne University of Technology Australia, Thomas Rogers.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa serta perwakilan lembaga kemahasiswaan dari Prodi Tadris Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Arab, Hukum Syariah, Perbankan Syariah, dan Fakultas Ekonomi Bisnis Islam.

Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd saat membuka acara mengatakan mendukung penuh seluruh kegiatan magang internasional ini dan berharap dapat memotivasi mahasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Beliau juga menyampaikan meskipun IAIN Kendari merupakan perguruan tinggi Islam, IAIN juga memiliki program studi yang mengajarkan ilmu umum seperti Bahasa Inggris dan ilmu eksata.

Thomas Roger mengaku sangat antusias bisa terlibat aktif dalam kegiatan magang ini. Sebagai mahasiswa di bidang Global Studies, ia sangat tertarik untuk belajar lebih banyak tentang IAIN Kendari dan kemahasiswaan, tentang hukum dan politik Indonesia khususnya Sulawesi Tenggara, serta segala hal terkait budaya di Sultra. 

Selama 3 minggu kedepan Thomas Roger akan aktif terlibat dalam kegiatan yang diadakan IAIN Kendari seperti webinar, sharing session, online teaching, dan sit-in bersama-sama dengan mahasiswa IAIN lainnya. Ini menjadi kesempatan bagus bagi mahasiswa untuk berkenalan, belajar, serta bertukar pengetahuan dan budaya dengan mahasiswa asing. (HYN).