LEPAS MAHASISWA PLP I, FTIK IAIN KENDARI USUNG TEMA PLP I MANDIRI: “KREATIF DI ERA NEW-NORMAL”

Kendari, FTIK – Pada tanggal 23 juli 2020, FTIK melaksanakan kegiatan pembekalan dan pelepasan bagi mahasiswa atau peserta PLP I Mandiri. Pada kegiatan ini dipandu oleh Dewi Atikah, S.Pd., M.A (TESOL) selaku moderator dan dibuka langsung oleh Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd selaku Rektor IAIN Kendari. Ibu St. Fatimah Kadir, MA selaku ketua panitia kegiatan PLP I Mandiri FTIK IAIN Kendari, dalam laporannya menyampaikan bahwasanya “Kegiatan PLP I Mandiri ini diikuti oleh 575 mahasiswa FTIK yang tersebar di berbagai daerah di Sulawesi Tenggara”. Kegiatan ini menghadirkan dua pemateri, pemateri pertama yang membahas tentang “Arah dan Kebijakan Kegiatan Akademik pada Masa New Normal di IAIIN Kendari” dibawakan oleh Prof. Dr. Faizah Binti Awad, M.Pd selaku Rektor IAIN Kendari yang dilanjutkan dengan pelepasan mahasiswa atau peserta PLP I Mandiri dan pemateri kedua dibawakan oleh Dr. Jumarddin La Fua, S.SI., M.Si yang membahas tentang “Program Kerja Mahasiswa PLP I Mandiri dan Mekanisme Pelaporan Mahasiswa PLP I Mandiri”.   

Prof. Dr. Faizah Binti Awad selalu mengingatkan mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan PLP I Mandiri mahasiswa atau peserta PLP I Mandiri harus selalu memperhatikan protokol kesehatan dan selalu menjaga imun sistem tubuh dengan makan makanan yang bergizi. Faizah Binti Awad melanjutkan bahwasanya dalam masa pandemic covid-19 saat ini ada benefit dan tantangan yang akan didapatkan mahasiswa dalam melaksanakan kegiatan PLP I Mandiri ini.

selama masa pandemic covid-19 mahasiswa dapat menghemat pengeluaran, seperti uang angkot/transportasi, uang kosan, dan uang makan selama di kosan”.

Faizah Binti Awad juga menambahkan bahwasanya ada beberapa aspek tantangan yang akan dihadapi mahasiswa seperti penguasaan teknologi dan akses internet yang mungkin masih terbatas di daerah mahasiswa atau peserta PLP I Mandiri. Mahasiswa FTIK harus bisa menjadi alumni yang siap dan mampu bersaing di luar nanti, bukan menjadi alumni yang lemah dan tidak tau apa-apa.

Dr. Jumarddin La Fua, S.SI., M.Si dalam materinya menjelaskan mahasiswa atau peserta PLP I Mandiri selayaknya memilih kegiatan yang sesuai dengan keadaan yang ada di daerahnya masisng-masing. Mahasiswa yang memilih kegiatan secara luring dapat mengobsrvasi siswa yang melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring dari rumah atau bisa mengobservasi kegiatan keagamaan anak-anak yang ada di daerahnya. Untuk mekanisme pelaporan kegiatan PLP I Mandiri mengikuti pedoman yang telah dibagikan di web FTIK IAIN Kendari, lanjut Jumarddin La Fua.

Dr. Jumarddin La Fua, S.SI., M.Si dalam materinya menjelaskan mahasiswa atau peserta PLP I Mandiri selayaknya memilih kegiatan yang sesuai dengan keadaan yang ada di daerahnya masisng-masing. Mahasiswa yang memilih kegiatan secara luring dapat mengobsrvasi siswa yang melaksanakan kegiatan pembelajaran secara daring dari rumah atau bisa mengobservasi kegiatan keagamaan anak-anak yang ada di daerahnya. Untuk mekanisme pelaporan kegiatan PLP I Mandiri mengikuti pedoman yang telah dibagikan di web FTIK IAIN Kendari, lanjut Jumarddin La Fua. (FS)

Pada kesempatan ini panitia menyediakan sertifikat bagi peserta yang mengikuti kegiatan ini hingga akhir. E-Sertifikat tersebut dapat peserta dapatkan dengan mengecek E-Sertifikat dengan nama bersangkutan pada folder Google Drive di tautan berikut:

E-Sertifikat Peserta Pembekalan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP I) FTIK IAIN Kendari Tahun 2020