PLP DI ERA NEW-NORMAL FTIK IAIN KENDARI ADAKAN RAPAT PENYAMAAN PRESEPSI

Dekan FTIK IAIN Kendari Menjelaskan Jenis-Jenis Kegiatan yang dapat dipilih oleh Mahasiswa Peserta PLP I Tahun 2020

Kendari, FTIK – Era New Normal dalam Pandemi Covid-19 yang terjadi di dunia membuat lembaga-lembaga pendidikan membuat kebijakan-kebijakan baru untuk berlangsungnya pendidikan. Kegiatan akademik yang biasanya dilakukan secara tatap muka langsung antara dosen dan mahasiswa, berubah menjadi pembelajaran secara daring.

Begitu juga halnya dengan FTIK IAIN Kendari yang akan melaksanakan PLP I secara mandiri. PLP I yang biasanya dilaksanakan langsung turun ke sekolah-sekolah sekarang harus menjadi PLP I yang dilakukan secara daring.

Sebelum diadakannya pembekalan PLP I Mandiri bagi mahasiswa, terlebih dahulu dilaksanakan rapat bagi dosen pembimbing yang dilakukan secara daring, hal ini bertujuan untuk menyamakan persepsi antara dosen-dosen pembimbing PLP I Mandiri tentang bagaimana kegiatan yang akan dilaksanakan mahasiswa atau peserta selama PLP I Mandiri.

PLP I “Mandiri” merupakan proses proses atau observasi yang dilaksanakan oleh mahasiswa FTIK IAIN Kendari di tengah pandemic Covid-19, terhadap kegiatan pendidikan dan pembelajaran di sekolah atau di sekitar lingkungan tempat tinggal atau membuat konten edukatif secara mandiri di rumah, baik daring maupun luring. PLP I Mandiri ini dilaksanakan selama 1 bulan.

PLP I Mandiri ini bertujuan untuk memudahkan mahasiswa dan dosen pembimbing dalam pelaksanaannya. Terdapat dua opsi yang dapat dilaksanakan dalam kegiatan PLP I Mandiri, seperti yang dijelaskan Dekan FTIK, Dr. Masdin, M.Pd, dalam rapat dengan dosen-dosen pembimbing PLP I Mandiri, bahwasanya kegiatan PLP I Mandiri dapat dilaksanakan secara Daring (Dalam Jaringan) maupun Luring (Luar Jaringan). Kegiatan yang dilaksanakan secara luring mempunyai syarat bahwa tempat atau daerah yang diadakannya kegiatan PLP I Mandiri oleh peserta termasuk zona hijau atau zona yang dinyatakan tidak adanya kasus covid-19.

Dr. Masdin, M.Pd melanjutkan bahwasanya mahasiswa atau peserta PLP I Mandiri juga dapat melaksanakan kegiatan PLP I ini dengan memperhatikan proses pembelajaran yang terjadi di sekitarnya atau yang berada di lingkup wilayahnya. Hal ini memudahkan akses mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan PLP I yang telah ditentukan. Mahasiswa atau peserta PLP I Mandiri tidak perlu keluar dari wilayahnya.

Ada beberapa jenis kegiatan yang bisa dijadikan acuan dalam pelaksanaan PLP I Mandiri oleh mahasiswa atau peserta PLP I Mandiri :

  1. Pengamatan dan refleksi terhadap proses pembelajaran di sekolah yang melaksanakan tatap muka secara langsung di sekolah
  2. Pengamatan dan refleksi terhadap proses pembelajaran daring yang diikuti oleh peserta didik di sekitar tempat tinggal mahasiswa atau peserta PLP I Mandiri
  3. Pengamatan dan refleksi terhadap kegiatan keagamaan anak di mesjid atau sekitar tempat tinggal
  4. Pengamatan terhadap aktivitas edukatif anak di sekitar lingkungan dengan pendekatan keilmuan prodi masing-masing.
  5. Merancang media pembelajaran yang edukatif dan kreatif
  6. Membimbing anak-anak di sekitar lingkungan (sesuai dengan keprodian mahasiswa atau peserta PLP I Mandiri). (FS)