HMPS TADRIS MATEMATIKA SELENGGARAKAN SEMINAR SAINS DAN KEAGAMAAN

          Kendari, 21 Mei 2019, Dalam rangka memeriahkan bulan Ramadhan, HMPS Tadris Matematika mengadakan berbagai macam kegiatan yang dapat meningkatkan ketaqwaan, diantaranya adalah penyelenggaraan Seminar Sains dan Keagamaan. Penyelenggaraan seminar ini merupakan salah satu program tahunan HMPS Tadris Matematika dengan tujuan untuk meningkatkan rasa cinta mahasiswa terhadap keagaaman dari sudut pandang sains yang sejalan dengan Program Studi Tadris Matematika. Kegiatan ini juga merupakan salah satu sumbangsih Tadris Matematika terhadap mahasiswa dan juga membawa nama baik Institut.

          Dalam rangka menyukseskan kegiatan tersebut, Tadris Matematika mengundang 2 pemateri yang kompeten dibidangnya, yakni Bapak Dedyerianto, S.Si., M.Si. dosen Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari dan Bapak Rahmat Ramadhan, S.Si., M.Cs. dosen bidang  matematika di Universitas Haluoleo (UHO). Diundangnya beliau untuk memberikan pemahaman baru bahwasanya islam tidak hanya berkaitan dengan hal Agama, melainkan segala sendi ilmu pengetahuan, diantaranya sains dan keagaaman. Dengan pemaparan materi tersebut, diharapkan para mahasiswa dapat lebih bersemangat lagi dalam mempelajari segala disiplin ilmu. Rahmat Ramadhan S.Si., M.Cs juga memberikan penjelasan lebih mendalam mengenai ilmu matematika dengan membahas mengenai pemrograman yang merupakan ilmu yang sangat berkaitan dengan matematika. Untuk menyempurnakan kegiatan tersebut, pemilihan waktu adalah salah satu hal yang penting. Pertengahan bulan Mei dipilih karena bertepatan dengan bulan Ramadhan, yaitu pada tanggal 21 Mei 2019 bertempat di Auditorium IAIN Kendari.

          Banyak hal yang diharapkan dari terlaksananya kegiatan ini, diantanya: Pertama adalah meningkatkan nilai ketaqwaan terhadap Allah SWT dan Rasul-Nya. Kedua, sumbangsih terhadap suksesnya Program Studi Tadris Matematika dan IAIN Kendari. Ketiga, menyukseskan program tahunan yang dibuat oleh HMPS Tadris Matematika. Keempat, semakin dikenalnya nama Tadris Matematika, baik dilingkup kampus maupun luar kampus.

“Seminar keagamaan ini merupakan kegiatan pertama sejak dilantiknya HMPS Tadris Matematika periode 2019-2020.  Meskipun terdapat beberapa kendala, alhamdulillah kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan baik. Maksud dari diadakannya seminar ini, untuk memberikan manfaat dari ilmu matematika yang berkaitan dengan ilmu agama. Serta menjalankan salah satu program Kerja HMPS” Ujar Indri Purnama (Selaku Ketua HMPS ). Terimakasih kami ucapkan kepada teman teman yang sudah berusaha hingga terlaksananya Kegiatan ini yang bertemakan sains dari sudut pandang islam, kegiatan ini di hadiri oleh dosen dan mahasiswa iain kendari. Tujuan di adakannya kegiatan ini adalah untuk menambah pengetahuan kita mengenai sains dari sudut pandang islam dan mempererat ukhuwah islamiyah, kami mengucapkan mohon maaf jika dalam pelaksanaan kegiatan ini mempunyai banyak kekurangan.(Irhas/T_and_RI)

Copyrigth FTIK IAIN Kendari@2022