Prodi PBA Gelar Pengajaran Al-Qur’an & Pengenalan Bahasa Arab

Madrasah Ahlul Qur’an (MAQ) merupakan lembaga Pendidikan Al-Qur’an berbasis Tahfiz dan Tahsin pertama di Desa Morini Mulya yang dikembangkan oleh Yayasan Ishlahul Muslimin, Kecamatan Landono, Kabupaten Konawe Selatan. MAQ Yayasan Ishlahul Muslimin menjadi lokasi kegiatan Pengajaran Al-Qur’an & Pengenalan Bahasa Arab yang digelar mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kendari. Kegiatan berlangsung setiap dua hari sepekan yaitu Sabtu-Minggu mulai pukul 08.00 s/d 15.00 Wita di Masjid Nurul Hidayah Desa Morini Mulya.

Saat silaturahmi dengan pengurus Mesjid Nurul Hidayah Desa Morini Mulya

Untuk menyukseskan kegiatan, para pengurus dan guru MAQ juga turut dilibatkan. Salah satu pengurus mengungkapkan kegiatan baca tulis Al-Qur’an telah berjalan, namun belum terpikir menghadirkan pembelajaran tambahan seperti Bahasa Arab. Sehingga mereka berharap kehadiran mahasiswa Prodi PBA dapat memberikan gambaran tentang metode pengajaran bahasa Arab kepada para guru MAQ sekaligus memperkenalkan bahasa Arab kepada para santri.

Foto bersama Santri TPA

Selama kegiatan para santri dan anak-anak masyarakat di Desa Morini Mulya tampak antusias mengikuti proses belajar. Walaupun awalnya bahasa Arab sulit untuk mereka pahami, namun berkat teknik pengajaran yang baik dan menyenangkan dari mahasiswa membuat para santri menjadi semakin tertarik untuk mempelajari bahasa Arab. (HYN)