Hari Pertama AL Akreditasi PIAUD Berlangsung Lancar

Asesmen Lapangan (AL) hari pertama dalam rangka akreditasi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kendari berjalan lancar, Rabu (17/3/21).

AL yang berlangsung via zoom tersebut dibuka langsung oleh Rektor IAIN Kendari Prof. Dr. Faizah Binti Awad dengan asesor berasal dari Universitas Negeri Padang dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta masing-masing yaitu Prof. Rakimawatih, M.Pd dan Dr. Fauzan M.A.

Selama proses AL, para asesor secara bergantian mengajukan beberapa pertanyaan sehubungan borang mulai dari pengaplikasi visi misi prodi, prestasi mahasiswa, jumlah dosen, dan lain-lain. Para pengguna alumni, alumni, dan mahasiswa pun turut mendapat kesempatan untuk diwawancarai oleh asesor.

Syamsiah, S.Pd., M.Pd salah satunya, Kepala RA. Aisyah Nur Haq Baruga. Sebagai pengguna alumni, beliau mengatakan ada dua alumni PIAUD IAIN Kendari yang saat ini mengajar di sekolah yang ia pimpin. Menurutnya kinerja keduanya bagus, akhlaknya juga baik terutama dari cara berbusana dan bertutur kata. Meski begitu beliau berharap agar kualitas dari alumni terus ditingkatkan dengan membekali para alumni metode-metode mengajar yang mengintegrasikan ajaran-ajaran Islam dengan 6 aspek pembelajaran terkait perkembangan anak yang umum diajarkan di taman kanak-kanak atau PAUD seperti aspek kognitif, psikomotorik, seni, dan pengembangan bahasa. Hal ini agar ciri PIAUD bisa lebih terlihat. (HYN)