FTIK Gelar Pengabdian Masayarakat di Bombana dan Kolaka

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kendari mengadakan Pengabdian Masyarakat Berbasis Program Studi di dua kabupaten, yakni Bombana dan Kolaka yang berlangsung pada 12 s/d 14 Maret 2021.

Ada enam prodi yang berpartisipasi dalam kegiatan ini, masing-masing prodi beranggotakan tujuh orang terdiri dari empat orang panitia dan tiga orang narasumber. Prodi yang melakukan pengabdian masyarakat di Bombana yaitu Prodi Tadris Fisika, Tadris Biologi, dan Tadris Bahasa Inggris. Sedangkan di Kolaka ada Prodi Tadris Matematika, Tadris IPA, dan Prodi Pendidikan Bahasa Arab.

Masing-masing prodi membawakan materi yang berbeda-beda. Prodi Tadris Fisika mengadakan pelatihan kit eksperimen fisika dan solusi eksperimen daring kepada siswa-siswi SMAN 9 Bombana yang berada di Kecamatan Poleang Tengah. Tadris Biologi memberikan pelatihan pembuatan bakso ikan kepada warga Desa Terapung Kec. Poleang Tenggara. Tadris Bahasa Inggris membawakan materi kepada siswa SMAN 7 Bombana yang berada di Kecamatan Poleang Selatan.

Kemudian Tadris Matematika melatih pembuatan media pembelajaran dan soal berbasis komputer kepada guru SMAN 1 Samaturu, Latuo, Kabupaten Kolaka. Tadris IPA memberikan pelatihan pendeteksi formalin makanan menggunakan kit alam kepada siswa-siswi SMKN 1 Samaturu Pulu Ase, Tamboli Kabupaten Kolaka. Serta Prodi Pendidikan Bahasa Arab memberikan pelatihan tentang penguatan komunitasi masyarakat pencinta bahasa arab di Ponpes Darul Arqam Muhammadiyah Ponre Waru Kecamatan Wolo Kabupaten Kolaka.

masyarakat menyambut dengan antusias pelatihan yang diberikan, hal ini bisa dilihat salah satunya pada saat diberikan pelatihan pembuatan bakso ikan. Peserta yang mayoritas ibu-ibu itu tampak mengerumuni dan serius memperhatikan salah satu narasumber yang tengah mempraktekkan proses membulat-bulati adonan bakso. (HYN)