Hadapi APS 9 Kriteria, Tim Borang Akreditasi PBA Gelar Rapat Perdana

Berlangsung di ruang visitasi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kendari, Tim Borang Akreditasi Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kendari mengadakan rapat perdana persiapan menghadapi akreditasi, Selasa (2/2/21).

Menjadi prodi pertama yang menghadapi penyusunan borang Akreditasi Program Studi (APS) 9 Kriteria, Tim Borang PBA memaksimalkan persiapan. Untuk rapat perdana ini saja, tim telah mengundang 2 orang dari pihak Lembaga Penjamin Mutu (LPM) IAIn Kendari untuk mengikuti rapat yakni Kepala LPM Dr. Asliah Zainal, MA dan Sekretaris LPM Isna Humaera, S.Pd., M.Pd.

Dalam rapat hal-hal mengenai dokumen-dokumen Borang Akreditasi Program Studi 4.0 dibedah. Bahkan strategi-strategi yang dilakukan pada saat akreditasi Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) juga ikut dibahas. Ini menunjukkan keseriusan dari pihak FTIK untuk meningkatkan mutu prodi-prodinya melalui peningkatan predikat akreditasi.

Perlu diketahui dokumen borang akreditasi pada periode sebelumnya hanya mencakup 7 kriteria, namun saat ini bertambah 2 kriteria lagi yaitu pengabdian kepada masyarakat serta luaran dan capaian tridharma. Selain itu, Kepala LPM menyampaikan bahwa setiap kegiatan yang berhubungan dengan proses penyusunan borang harus dapat didokumentasikan sebagai bukti untuk diperlihatkan kepada asesor.

Tentu cukup besar tantangan yang akan dihadapi oleh Tim Borang PBA ke depan, namun hal tersebut tidak boleh menyurutkan semangat mereka dalam mencapai tujuan. Semoga usaha yang dilakukan ini memberikan hasil yang maksimal yakni dengan memperoleh predikat akreditasi “A” atau unggul. (HYN)