Gelar Rapat Kerja, Para Kaprodi FTIK Presentasi Rencana Kerja Tahun Anggaran 2022

Memasuki pertengahan Januari 2021, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kendari menggelar Rapat Kerja (Raker) membahas rencana kerja tahun anggaran 2021 sekalingus rencana kerja pada tahun anggaran 2022. Rapat berlangsung selama dua hari, dimulai pada hari ini Kamis, 14 Januari 2021 di Ruang Rapat FTIK lantai II.

Di hari pertama ini, para Kepala Program Studi (Kaprodi) FTIK memaparkan program kerjanya di tahun anggaran 2022 mendatang. Ada 8 Kaprodi ditambah dengan Kepala LAB Terpadu dan Kepala KJM.

Kaprodi PAI Dra. Hj. St. Fatimah K., M.A menggagas Program Pelatihan Guru (PPG) PAI Inspiratif di Era Digital Provinsi Sulawesi Tenggara yang rencanaya nanti akan diikuti oleh guru-guru PAI baik madrasah maupun sekolah umum.

Kaprodi Tadris Bahasa Inggris yang diwakili oleh Susanti, S.Pd., M.Pd memaparkan dua program kerja yakni Workshop Internasional Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran oleh Dosen dan Mahasiswa serta Pendampingan Hasil Penelitian Mandiri Dosen.

Kaprodi PIAUD La Ode Anhusadar, S.Pd.I, M.Pd berencana menggelar Webinar dengan judul Pengembangan Kreatifitas Mahasiswa PIAUD pada Masa New Normal. Kaprodi PGMI yang diwakili oleh Muhammad Ilham, S.Pd., M.Pd memaparkan akan mengadakan Workshop Model Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar untuk Membentuk Guru Penggerak di Satuan Pendidikan Sekolah Dasar.

Selanjutnya Plt. Kaprodi Tadris Matematika Halistin, M.Si berencana mengadakan Workshop Kurikulum Matematika serta Pengabdian Masyarakat yang melibatkan para alumni Tadris Matematika. Selain itu sebagai Kepala Lab Terpadu yang lama, beliau merekomendasikan tiga program kerja kepada Kepala Lab Terpadu yang baru, Hilda Ayu Melvi Amalia, M.Sc yakni Penyusunan SOP dan Buku Pedoman Penggunaan Laboratorium serta Pembuatan Website Lab Terpadu.

Sedang Hilda Ayu Melvi Amalia, M.Sc Kepala KJM yang lama mengatakan sambil menunggu Kepala KJM baru, ia menggagas empat program kerja KJM untuk di tahun anggaran 2022 yaitu Pembuatan SOP Penjaminan Mutu, Web KJM, Breakdown Pedoman Belajar Kampus Merdeka – Merdeka Belajar, serta workshop kurikulum merdeka belajar.

Kaprodi PBA Abdul Azis, S.Pd.I., M.Pd, Kaprodi Tadris Fisika Zainuddin, S. Pd., M.Pd, dan Kaprodi Tadris IPA Hasrin Lamote, S.Pd., M.Sc secara berurutan masing memaparkan 2, 4, dan 3 program kerja.

Abdul Azis, S.Pd.I., M.Pd berencana mengadakan Pelatihan Metodologi Bahasa Arab dan Penelitian Berbasis Prodi di Pondok Pesantren. Zainuddin, S. Pd., M.Pd berencana mengadakan Seminar Nasional “Integrasi Fisika dengan Al-Qur’an”, Pelatihan KIT Eksperimen Fisika Guru-Guru Fisika di Kota Kendari, Timah Laka ( Tim Bedah Laboratorium Fisika/Pengabdian Masyarakat Bedah Lab Sekolah), serta Globe Fisika (Gebyar Lomba Bakat & Edukasi Fisika).

Adapun program kerja yang digagas Hasrin Lamote, S.Pd., M.Sc yakni Pengabdian Masyarakat Aplikasi IPA: Pembuatan Penyaring Air, FGD Revisi Kurikulum yang Melibatkan Alumni dan Pengguna/Sekolah, serta Penyusunan Modul Mata Kuliah IPA Terpadu.

Wakil Dekan II Erdiyanti, S.Ag., M.Pd meminta Kaprodi agar dalam membuat program kerja tidak hanya memprioritaskan kegiatan yang memiliki aspek pendidikan dan penelitian saja tapi juga memiliki aspek pengabdian masyarakat sebagaimana yang sering dipertanyakan para asesor pada saat asesmen lapangan beberapa waktu lalu.

Rapat diakhiri dengan pemaparan program kerja FTIK oleh Para Wakil Dekan. Salah satunya adalah Wakil Dekan I Dr. Jumarddin La Fua, S.Si., M.Si yang memaparkan 3 program yakni Rumah Publikasi, Jurnal Internasional di FTIK, dan Rumah Jurnal. (HYN)