FTIK Gelar Pembekalan Mahasiswa Peserta PLP II

Sebanyak 547 mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta Perkenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II pada Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Kendari, Senin (11/1/21) mengikuti pembekalan online.

Mereka diberikan penjelasan teknis terkait pelaksanaan PLP II, seperti tata cara mendapatkan surat izin, id card, sampai tata cara pelaporan kegiatan harian. Ketua Panitia PLP II Abdul Halim, M.TESOL mengatakan dalam menentukan lokasi tempat mengajar, peserta bebas memilih sendiri namun harus disesuaikan dengan program studinya masing-masing.

“Misalnya Prodi PIAUD mengajarnya harus di TK. Tapi kalau misalnya tidak ada atau sekolahnya tutup, bisa menggunakan opsi lain yaitu membentuk kelompok belajar, jumlah anggotanya bisa 8 atau lebih. Tapi kalau ternyata di kampungnya jumlah anaknya hanya 2 atau 3 buatlah keterangan kepada pembimbingnya sesuai dengan kondisi di lapangan”, jelasnya.

Beliau menambahkan untuk pelaporan kegiatan harian dilakukan secara online serta harus berbasis bukti dilengkapi dengan penjelasan yang mendetail. Laporan yang tidak memenuhi syarat tersebut tidak akan diberikan nilai.

Dekan FTIK Dr. Masdin, M.Pd saat membuka kegiatan mengingatkan peserta untuk mengikuti kegiatan pembelakan dengan sebaik-baiknya. Beliau juga mengatakan karena kegiatan PLP II merupakan penguatan kompetensi maka ada 4 hal yang harus diperkuat peserta di lapangan yaitu penguatan akademik atau pembelajaran, kepribadian di lapangan, sosial, serta penguatan profesional sebagai calon guru.

“Jika kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di sekolah, maka mengikuti prosedur memgajar sekolah bersangkutan. Namun jika di luar sekolah seperti kelompok belajar dan lainnya tetap harus melaksanakan prosedur pembelajaran yang telah ditetapkan”, tuturnya. (HYN)